8 pekerjaan freelance dan sangat menjanjikan

oleh Admin Pusat


Ditulis pada 25 Februari 2021



Tareem Tour & Travel - Menjadi seorang freelance saat ini sangat di gemari oleh kaum muda, karna dinilai sesuai dengan minat dan selera mereka. Salah satu keuntungan freelance adalah tidak adanya ikatan jam kerja dan lebih terarah oleh diri sendiri atau remote working. Berbeda dengan pekerjaan karyawan atau pegawai yang harus memeraturi aturan khusus perusahaan terutama soal jam masuk dan pulang.

Sebagai freelance dinilai lebih fleksibel mengenai jadwal kerjanya, karena tidak mengutamakan suatu pekerjaan dan dapat menjadikan pekerjaan freelance sebagai pekerjaan sampingan. Waktu yang bebas bisa menjadikan orang menekuni semua bidang pekerjaan sembari tetap melakukan profesi utama. Mesk memulai pekerjaan ini tergolong mudah karena banyak peluang, tetap harus memilih yang sesuai dengan kemampuan diri sendiri karena nantinya dapat mempengaruhi fokus.

Soal penghasilan, pekerjaan freelance bisa sangat menjanjikan. Oleh karena itulah, banyak kaum muda yang melakukan pekerjaan tersebut baik secara full time (waktu penuh) maupun tambahan. Nyatanya jika ditekuni pekerjaan freelance bisa mendatangkan penghasilan yang sangat memuaskan bahkan bisa melebihi pekerjaan utama kita. Simak penjelasan lengkap tentang berbagai pekerjaan freelance yang paling diminati dan menjanjikan.

1. Penulis/Content Writer

Perlu Kamu Tahu, 7 Hal Keren Ini Bisa Dimiliki Penulis

Bagi kamu yang memiliki blog pribadi atau hobi dalam bidang tulis-menulis manfaatkanlah skill ini dalam mencari uang tambahan. Karena banyak lowongan pekerjaan penulis lepas yang bisa kamu temukan di internet atau koran dan social media lainnya.

2. Desain Grafis

√ Desain Grafis: Pengertian, Jenis, Prinsip, Elemen, Aplikasi

Dalam era digital, pekerjaan freelance yang satu ini paling banyak dicari oleh perusahaan atau agensi manapun. Kamu yang memiliki keahlian menggambar bisa menjual portofolio desain grafismu di situs pribadi atau platform sosial media.

Pekerjaan yang bisa kamu lakukan seperti, membuat logo, ilustrasi, brosur, campaign promosi usaha pribadi atau produk, dan sebagainya. Namun, bila kamu tidak memiliki bakat sebagai desain grafis, bisa saja kamu menjadi penjual jasa seorang desain grafis atau orang yang memperjual belikan template siap pakai.

3. Content Creator

Bisnis freelance seorang konten creator ini sedang digandrungi oleh para golongan milenial. Tugas seorang content creator adalah mengumpulkan ide, data , serta meriset sebuah konsep yang berhubungan dengan promosi produk. Dalam promosi tersebut menghasilkan konten yang sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan oleh klien.

4. Konsultan Bisnis

Tugas seorang analisis dan konsultan bisnis adalah mengumpulkan dan menganalisis data dari permasalahan bisnis. Pekerjaan freelance ini digaji dengan bayaran yang cukup besar karena tidak sembarangan orang yang bisa melakukannya.

5. Guru Les Privat

Kamu memiliki penguasaan lebih dalam salah satu mata pelajaran? Coba deh untuk melamar atau membuka les privat. Banyak para pelajar yang bersedia terutama mereka yang duduk di bangku SMA untuk memakai jasa privatmu.

6. Web Designer

Sebagai seorang web designer kamu harus memiliki keahlian dalam penguasaan HTML, JavaScript, dan CSS. Selain itu, kamu harus bisa mengoperasikan berbagai software desain seperti, Photoshop dan Corel Draw. Sebab, kamu harus membuat website dengan tampilan yang indah, unik, ciri khas, dan tentunya menarik. Tuntutan yang cukup tinggi sepadan dengan bayaran yang akan kamu dapatkan.

Gaji freelance seorang web designer jangan ditanya. Sudah pasti dihargai dengan range harga yang mahal sekitar Rp7 juta ke atas.

7. Editor

Freelance sebagai editor cukup melakukannya secara online di rumah. Hasil pekerjaannya bisa dikirim melalui email. Belum banyak orang yang sadar bahwa gaji seorang editor lumayan besar. Ada yang dihitung per bulan atau berdasarkan jumlah proyek yang dikerjakan.

Mereka yang mencari jasa editor biasanya media-media, dan penerbit buku yang membutuhkan freelance. Tugas kamu adalah mengecek dan mengoreksi naskah untuk penggunaan bahasa, typo dalam segi penulisan, memeriksa EYD, dan masih banyak lagi.

Jika kamu adalah seseorang yang teliti kenapa tidak mencobanya?

8. Social Media Officer

Keberadaan sosial media saat ini sangat penting mengingat dapat mendukung segala aktivitas yang berhubungan dengan bisnis. Sosial media yang kerap dipakai banyak masyarakat contohnya, Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube. Keempat sosial media ini paling banyak mempengaruhi dari segi penjualan.

Nah, bagi kamu yang punya keahlian dalam bidang promosi serta aktif bermain sosial media, pekerjaan ini tentu cocok untuk kamu.

Beberapa jenis freelance yang dapat menyalurkan inspirasi dan mengembangkan bakat yang anda miliki. Setiap jenis freelance memiliki kesulitan dan pendapatan tersendiri sesuai dengan susah tidaknya pekerjaan tersebut. Namun peluang diatas, sangat menjanjikan untuk memulai sebuah pekerjaan freelance.

Berita lainnya

blog-img

UMROH BACKPACKER

umroh backpacker - Wakil Ketua MPR-RI sekaligus Anggota DPR-RI Komisi VIII yang di antaranya membidangi urusan agama, Hidayat Nur Wahid, meng...

Selengkapnya
13 Juli 2024
blog-img

WAKTU TERBAIK UNTUK MELAKUKAN UMROH

waktu terbaik utk umroh - Umroh merupakan salah satu ibadah yang sering dilakukan oleh umat muslim di dunia. Sebab, ibadah umroh dapat dilaku...

Selengkapnya
11 Juli 2024
blog-img

KEISTIMEWAAN UMROH DI BULAN MUHARRAM

keistimewaan umroh di bulan muharram - Bulan Muharram, merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan bagi umat Islam. Di bulan ini, banyak p...

Selengkapnya
09 Juli 2024