Ada Sekolah Air di Banyumas ? Ini Lokasinya

oleh Babah Fuad


Ditulis pada 15 Maret 2021



Senin, 15 Maret 2021 07.30 WIB

Tareem Tour & Travel, PURWOKERTO - Pemkab Banyumas membuka sekolah air, dimana masyarakat bisa belajar tentang hal-hal seputar air tanpa dikenai biaya alias gratis. Sekolah yang bertempat di Taman Edukasi Sumber Daya Air (Tesda) Kranji, Purwokerto diinisiasi Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemkab Banyumas.

Kepala DPU Kabupaten Banyumas, Irawadi mengatakan, sekolah tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan kecintaan serta kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian air. Sekolah dibuka untuk umum, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dengan materi yang disesuaikan.

"Untuk anak-anak misalnya akan diberikan pembelajaran tentang air, fungsinya untuk kehidupan, pentingnya menjaga kelestarian sumber air dan sebagainya. Sedang untuk kalangan dewasa, bisa dilakukan dengan penelusuran sungai, untuk mengetahui ada tidaknya pembendungan alami yang bisa menyebabkan banjir," terangnya, Sabtu(13/3)

Irawadi menjelaskan, sekolah tersebut sifatnya informal, namun juga dilengkapi dengan kurikulum, sehingga yang disampaikan terstruktur. Dimulai dari teori-teori kemudian diikuti dengan praktek di lapangan.

"Tempat sekolahnya di Tesda ini, ada kepala sekolah juga dan nantinya juga dibagi dalam kelas-kelas tertentu, disesuaikan dengan usia dan kebutuhan informasi akan sungai. Intinya kita ingin membangkitkan kecintaan masyarakat terhadap sungai dan sasaran lintas generasi," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Banyumas, Achmad Husein usai melaunching sekolah air mengatakan, Tesda Kranji ini memang dikembangkan sebagai tempat edukasi sumber daya air, tempat masyarakat belajar tentang air. Demi menumbuhkan kecintaan masyarakat akan sungai, pihaknya juga memprogramkan agar rumah-rumah di sepanjang sungai, untuk menghadap sungai.

"Sungai Kranji ini juga kita lengkapi dengan ribuan ikan nila, tadi kita lepaskan 6.000 bibit ikan nila. Diharapkan setelah panen nanti, masyrakat atau pihak pengelola bisa mengisi dengan bibit ikan lagi, berkelanjutan dan bertambah banyak," katanya

Lokasi Tesda ini berada di bawah Jembatan Soekarno yang merupakan icon baru Kota Purwokerto. Rencananya jembatan tersebut juga akan dilengkapi dengan patung Soekarno serta masjid, taman dan sarana berjualan untuk pelaku Usaha Mikro KEcil dan Menengah (UMKM)

Berita lainnya

blog-img

UMROH BACKPACKER

umroh backpacker - Wakil Ketua MPR-RI sekaligus Anggota DPR-RI Komisi VIII yang di antaranya membidangi urusan agama, Hidayat Nur Wahid, meng...

Selengkapnya
13 Juli 2024
blog-img

WAKTU TERBAIK UNTUK MELAKUKAN UMROH

waktu terbaik utk umroh - Umroh merupakan salah satu ibadah yang sering dilakukan oleh umat muslim di dunia. Sebab, ibadah umroh dapat dilaku...

Selengkapnya
11 Juli 2024
blog-img

KEISTIMEWAAN UMROH DI BULAN MUHARRAM

keistimewaan umroh di bulan muharram - Bulan Muharram, merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan bagi umat Islam. Di bulan ini, banyak p...

Selengkapnya
09 Juli 2024