Jelang Musim Haji 2021, Pemerintah Siapkan Skema Biaya Haji

oleh Admin Pusat


Ditulis pada 15 Februari 2021



Tareem Tour & Travel. Mendekati musim haji, pemerintah mulai merancang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji(BPIH) tahun 2021/1442 H. "Kementerian Agama ( Kemenag) sudah mulai membahas rancangan BPIH, untuk skema haji dengan kuota 100 persen dan kuota 50 persen," ujar Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Fathurahman saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (11/2/2020).

Dua skema yang disiapkan berkaitan dengan kondisi pandemi virus corona (Covid-19) yang masih berlangsung hingga saat ini. Pembahasan telah dilakukan meski dari Pemerintah Arab Saudi belum memutuskan tentang penyelenggaraan Ibadah Haji tahun ini.

Tahun 2020 lalu, pemerintah Arab Saudi menutup akses penyelenggaraan Ibadah Haji bagi jamaah diluar Arab Saudi. Akhir tahun 2020 lalu, Pemerintah Arab Saudi membuka akses ibadah umrah melihat kondisi pandemi COVID-19 di Arab Saudi kian membaik.

Namun, awal februari ini pemerintah Arab Saudi kembali menutup akses ibadah umrah melihat kasus positif COVID-19 kian melonjak, sehingga mereka menutup akses bagi 20 negara, termasuk Indonesia.

"Meski belum ada keputusan dari Arab Saudi, tetapi kami harus siap dengan segala kemungkinan, " kata Oman.

Menurut dia,saat ini biaya tambahan-tambahan dalam kondisi pandemi masih terus didalami, termasuk dengan pemeriksaan PCR dan Karantina sebelum jamaah berangkat ke Tanah Suci tersebut.


Berita lainnya

blog-img

UMROH BACKPACKER

umroh backpacker - Wakil Ketua MPR-RI sekaligus Anggota DPR-RI Komisi VIII yang di antaranya membidangi urusan agama, Hidayat Nur Wahid, meng...

Selengkapnya
13 Juli 2024
blog-img

WAKTU TERBAIK UNTUK MELAKUKAN UMROH

waktu terbaik utk umroh - Umroh merupakan salah satu ibadah yang sering dilakukan oleh umat muslim di dunia. Sebab, ibadah umroh dapat dilaku...

Selengkapnya
11 Juli 2024
blog-img

KEISTIMEWAAN UMROH DI BULAN MUHARRAM

keistimewaan umroh di bulan muharram - Bulan Muharram, merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan bagi umat Islam. Di bulan ini, banyak p...

Selengkapnya
09 Juli 2024