Keutamaan Berdzikir

oleh Babah Fuad


Ditulis pada 16 April 2021



Tareem Tour & Travel - Ketahuilah bahwa dzikir memiliki adab-adab dan bahwasanya hadirnya hati bersamaan dengan lisan saat berdzikir adalah yang paling penting dan yang paling dianjurkan, maka laksanakanlah! Karena orang yang berdzikir hampir tidak akan mendapatkan manfaat berdzikirnya kecuali dengan kekhusyu'an.

Dari syekh Ahmad bin Hajar Al-Haytami, suatu hari ia duduk di Masjidil Haram sedang melihat terbitnya fajar untuk mendirikan sholat shubuh, dan saat itu terbitnya fajar tidak jelas pada mereka karena awan yang mendung. Tiba-tiba ada kalajengking yang menyengatnya, lalu ia berkata kepada orang yang ada di sisinya:

"Laksanakanlah sholat shubuh!"

Mereka bertanya: "Dari mana engkau tahu ?" ia menjawab:

"Ya, dengan sengatan kalajengking padaku. Jika malam masih tersisa, kalajengking tidak akan bisa menyengatku karena wirid-wirid dan penjagaan-penjagaan malam yang telah aku baca akan mencegahnya. Adapaun wirid-wirid siang, maka aku belum membacanya sedikit pun. Oleh karena itu, kalajengking bisa menyengatku dan karena inilah menjadi jelas sengatan itu terjadi di waktu siang".

<kalamul-Habib 'Idrus al-Habsyi:100>

Qais bin Hajjaj berkata: "Setanku berkata kepadaku: 'ketika aku masuk ke dalam dirimu aku seperti onta dan sekarang aku seperti burung'. Aku bertanya : 'Mengapa demikian ?' Setanku berkata: 'Engkau telah melelehkanku dengan dzikir kepada Allah".

Banyak yang terjadi di zaman sekarang berdzikir dengan niat untuk mendatangkan sesuatu. Bagaimana dengan hal tersebut ?

Pastinya orang yang berdzikir dengan niat bukan karena Allah SWT akan merugi. Sungguh orang yang berdzikir karena Allah SWT akan mendapatkan banyak manfaat salah satunya dengan selalu mengingat Allah maka akan mencegah kita berbuat maksiat dan dzikir bisa menjadi penenang jiwa kita.

Berita lainnya

blog-img

UMROH BACKPACKER

umroh backpacker - Wakil Ketua MPR-RI sekaligus Anggota DPR-RI Komisi VIII yang di antaranya membidangi urusan agama, Hidayat Nur Wahid, meng...

Selengkapnya
13 Juli 2024
blog-img

WAKTU TERBAIK UNTUK MELAKUKAN UMROH

waktu terbaik utk umroh - Umroh merupakan salah satu ibadah yang sering dilakukan oleh umat muslim di dunia. Sebab, ibadah umroh dapat dilaku...

Selengkapnya
11 Juli 2024
blog-img

KEISTIMEWAAN UMROH DI BULAN MUHARRAM

keistimewaan umroh di bulan muharram - Bulan Muharram, merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan bagi umat Islam. Di bulan ini, banyak p...

Selengkapnya
09 Juli 2024