Pemimpin yang Adil

oleh Babah Fuad


Ditulis pada 18 April 2021



Tareem Tour & Travel - Pada era kepemimpinannya, Sayyiduna Umar bin Khattab r.a tidak  pernah tidur siang mau pun malam, ia hanya tidur sejenak dalam keadaan duduk sambil menundukkan kepalanya dan beliau berkata:

"Jika aku tidur di malam hari maka aku menyia-nyiakan diriku (dengan meninggalkan ibadah), dan jika aku tidur di siang hari, maka aku menyia-nyiakan rakyatku yang menjadi tanggung jawabku".

Sayyiduna Umar bin Khattab senantiasa menangis siang malam, maka beliau ditanya dengan hal itu. Beliau berkata:

"Aku telah dibebani perkara yang jika aku berlaku adil aku dihisab, dan jika aku berlaku zalim aku diadzab''.

Sayyiduna Umar ketika menjadi Kholifah beliau setiap malam selalu mencari rakyatnya yang kesusahan bahkan beliau sendiri yang mengambil gandum untuk diberikan kepada rakyatnya yang memerlukan.
Sayiduna Umar mengorbankan seluruh harta, waktu dan tenaganya demi kepentingan rakyat yang dipimpinnya, sungguh mulia teladan beliau dalam menjadi seorang pemimpin.

Para ulama berkata:

"Tertulis di tongkat Nabi Musa bahwasanya orang alim yang tidak mengamalkan ilmunya maka ia dan iblis sama saja, seorang penguasa jika tidak berlaku adil kepada rakyat maka ia dan Fir'aun sama saja, seorang saudagar kaya jika tidak mendermakan hartanya sesuai aturan Allah dan  tidak mengumpulkannya dari perkara yang halal maka ia dan Qorun sama saja, seorang miskin yang tidak sabar dengan kefakirannya maka ia dengan anjing sama saja."

"Agama itu ibarat pondasi dan penguasa adalah penjaga, setiap hal  yang tidak berpondasi maka akan roboh dan setiap hal yang tidak berpenjaga maka akan hilang".

Berita lainnya

blog-img

UMROH BACKPACKER

umroh backpacker - Wakil Ketua MPR-RI sekaligus Anggota DPR-RI Komisi VIII yang di antaranya membidangi urusan agama, Hidayat Nur Wahid, meng...

Selengkapnya
13 Juli 2024
blog-img

WAKTU TERBAIK UNTUK MELAKUKAN UMROH

waktu terbaik utk umroh - Umroh merupakan salah satu ibadah yang sering dilakukan oleh umat muslim di dunia. Sebab, ibadah umroh dapat dilaku...

Selengkapnya
11 Juli 2024
blog-img

KEISTIMEWAAN UMROH DI BULAN MUHARRAM

keistimewaan umroh di bulan muharram - Bulan Muharram, merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan bagi umat Islam. Di bulan ini, banyak p...

Selengkapnya
09 Juli 2024