CALON JAMAAH HAJI JALANI VAKSINASI COVID-19

oleh Admin Pusat


Ditulis pada 24 Februari 2021



adzikrahajiumrah.com - Kementerian Agama menyatakan jamaah haji yang sudah melunasi biaya haji tahun 1440H/2020M dan belum berangkat akibat pandemic akan disuntik vaksin covid-19. Dirjen penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Faturahman mengatakan “hingga hari ini sudah ada 158 ribu calon jamaah haji yang datanya tervalidasi sebagai peserta prioritas vaksinasi Covid-19 di tahap kedua”.

 Data validasi dapat diakses di Kementerian Kesehatan yang sudah terintegrasi dengan Siskohat Kesehatan. Data jamaah haji diberikan secara bertahap kepada Kemenkes yang meliputi NIK, nama jamaah, nomor porsi, dan alamat lengkap.

Program vaksin ini sudah dimulai sejak 17 Februari 2021 lalu dengan target sampai Mei 2021 dengan sasaran 38,5 juta orang. Langkah ini sebagai upaya antisipasi jika nantinya pemerintah Indonesia diberikan jatah kuota haji tahun 2021 dari pemerintah Arab Saudi.

Menteri agama RI belum bisa memastikan kepastian penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 karena hal tersebut merupakan kewenangan pemerintah Arab Saudi. Namun beliau memperkirakan pemberangkatan kloter pertama haji tahun 2021 pada 15 juni.

Pemerintah Indonesia menyiapkan scenario pemberangkatan kuota ibadah haji 2021 ditengah pandemic virus covid-19. Tiga opsi tersebut yaitu, pertama, kuota penuh. Kedua, kuota terbatas. Ketiga, tidak memberangkatkan jamaah haji.” Ujar Yaqut. 

Berita lainnya

blog-img

UMROH BACKPACKER

umroh backpacker - Wakil Ketua MPR-RI sekaligus Anggota DPR-RI Komisi VIII yang di antaranya membidangi urusan agama, Hidayat Nur Wahid, meng...

Selengkapnya
13 Juli 2024
blog-img

WAKTU TERBAIK UNTUK MELAKUKAN UMROH

waktu terbaik utk umroh - Umroh merupakan salah satu ibadah yang sering dilakukan oleh umat muslim di dunia. Sebab, ibadah umroh dapat dilaku...

Selengkapnya
11 Juli 2024
blog-img

KEISTIMEWAAN UMROH DI BULAN MUHARRAM

keistimewaan umroh di bulan muharram - Bulan Muharram, merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan bagi umat Islam. Di bulan ini, banyak p...

Selengkapnya
09 Juli 2024