Kesitimewaan Membaca Al-Quran

oleh Babah Fuad


Ditulis pada 29 April 2021



Tareem Tour & Travel - Kerap kali setan menguasai orang yang lalai sebab kelalaiannya dari mengingat Tuhannya, sebagaimana Allah SWT telah berfirman :

"Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan yang Maha Pemurah (AlQuran), Kami adakan bagina setan (yang menyesatkan) Maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya".  (QS. Az Zuhruf :43)

"Setan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa akan mengingat Allah SWT". (QS. Az Zuhruf : 36)

Na'udzubillah, semoga kita senantiasa dalam lindungan Allas SWT dari setan yang terkutuk. Celakalah bagi sebagian orang yang telah lalai dalam membaca Al-Quran, mereka justru lebih tertarik untuk bermain-main dengan alat elektronik seperti Handphone dan sebagainya. 

Abu Mu'awiyah al-Aswad  adalah orang yang buta dan ia sangat senang membaca Al-Quran. Dan jika membuka Al-Quran, maka pandangannya akan dikembalikan hingga ia selesai dari membaca al-Quran dan jika ia menutup Al-Quran, matanya kembali menjadi buta, lalu ada yang berbisik dalam hatinya:

"Tidaklah kami membutakan matamu karena kami pelit kepadamu, akan tetapi kami cemburu bila kamu melihat selain kami".

Akan diberi pahala atas bacaan al-Quran walaupun tanpa mengetahui maknanya. Berbeda dengan dzikir-dzikir, maka tidak diberikan pahalanya kecuali bila ia mengetahui maknanya walaupun secara global. Dan hadits-hadits serta ilmu-ilmu yang lain, tidak diberi pahala dari segi membaca lafadznya saja, dan sesungguhnya pahala itu diberikan dari segi ia mengajarkannya, mempelajarinya serta menulisnya.

Habib Ali Alhabsyi mengatakan: "Aku heran dengan orang yang mengatakan :'Aku merasa sempit, aku merasa susah', sedangkan ia mempunyai al-Quran". Barang siapa yang ingin diajak bicara oleh Allah, hendaknya dengan membaca Al-Quran dan barang siapa ingin bercakap dengan Allah, hendaknya dengan berdoa dan merendahkan dirinya dalam sujud.

Imam Sufyan Tsauri ditanya, apakah seorang yang berperang (berjihad) lebih engkau sukai atau orang yang mempelajari al-Quran ? maka ia menjawab :

"Orang yang mempelajari Al-Quran, karena Nabi SAW bersabda :

"Orang yang paling baik dari kalian adalah orang yang mempelajari alQuran dan mengajarkannya". (HR. Al Bukhari)

"Barang siapa yang membaca sepuluh ayat dari Al-Quran, maka ia tidak dicatat sebagai orang yang lalai". (HR. al-Imam abu Daud, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah). Dapat dipahami bahwa orang yang tidak melakukan hal tersebut (membaca 10 ayat dari Al-Quran), berarti ia termasuk orang yang lalai.

Sudahkah anda membaca Al-Quran hari ini ?

Berita lainnya

blog-img

UMROH BACKPACKER

umroh backpacker - Wakil Ketua MPR-RI sekaligus Anggota DPR-RI Komisi VIII yang di antaranya membidangi urusan agama, Hidayat Nur Wahid, meng...

Selengkapnya
13 Juli 2024
blog-img

WAKTU TERBAIK UNTUK MELAKUKAN UMROH

waktu terbaik utk umroh - Umroh merupakan salah satu ibadah yang sering dilakukan oleh umat muslim di dunia. Sebab, ibadah umroh dapat dilaku...

Selengkapnya
11 Juli 2024
blog-img

KEISTIMEWAAN UMROH DI BULAN MUHARRAM

keistimewaan umroh di bulan muharram - Bulan Muharram, merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan bagi umat Islam. Di bulan ini, banyak p...

Selengkapnya
09 Juli 2024