DOA YANG TIDAK DI KABULKAN ALLAH SWT

oleh Admin Pusat


Ditulis pada 20 Juni 2024



Doa Yang Tidak Dikabulkan oleh Allah SWT - Setiap doa yang dipanjatkan dijamin akan dikabulkan, namun kembali lagi kepada diri sendiri apakah sudah memanjatkan doa dengan benar? Perhatikan beberapa perkara yang menyebabkan doa tidak dikabulkan oleh Allah SWT. Doa menjadi salah satu cara berkomunikasi umat muslim dengan Allah SWT. Melalui doa, kita bisa meminta apapun kepada Sang Khalik, termasuk meminta perlindungan di dunia dan akhirat, meminta rezeki yang halal ataupun sekedar meminta dilancarkan setiap urusannya. Berdoa bisa dilakukan kapanpun, meskivteta harus memperhatikan adab. Doa hendaknya disampaikan dengan bahasa yang baik dan lembut serta tidak mengandung bahasa yang terkesan memaksa.

Allah SWT juga berjanji akan mengabulkan doa yang dipanjatkan setiap umat muslim. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Mu'min Ayat 60 ”Berdoalah Kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang - orang yang menyombongkan diri dari Menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina”

Penyebab Tidak Terkabulnya Doa : 

1. Seorang yang berlaku zalim akan mendapatkan azab yang pedih. 

Perbuatan zalim pada sesama ini juga menjadi penyebab terhalangnya doa. Dari Anas bin Malik radliyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda: "Adapun kedzaliman yang tidak akan dibiarkan oleh Allah adalah kezaliman manusia atas manusia lainnya hingga mereka menyelesaikan urusannya."

2. Tidak membaca Tahmid dan Sholawat 

Salah satu adab dalam berdoa adalah mengawali doa dengan membaca tahmid (pujian kepada Allah SWT) dan shalawat kepada Rasulullah SAW Fadhalah bin Ubaid ra. berkata, "Kami duduk di tengah-tengah Rasulullah, lalu datang seorang laki-laki kemudian dia shalat. Setelah selesai shalat, dia berdoa, "Ya Allah, ampuni dan sayangilah aku." Lalu, Rasulullah bersabda: "Engkau terburu-buru wahai saudaraku. Apabila engkau selesai sholat, maka duduklah dan pujilah Rabbmnu dengan sebaik-baik pujian, kemudian bershalawatlah untukku, setelah itu berdoalah." Kemudian laki-laki itu sholat lagi. Setelah selesai shalat, dia bertahmid (memuji Allah) dan bershalawat kepada Nabi, kemudian Rasulullah bersabda kepadanya, "Wahai saudaraku sekarang berdoalah niscaya doamu akan diterima'." (HR. Tirmidzi).

3. Konsumsi makanan haram dan mengenakan pakaian haram menjadi penyebab doa tidak terkabul. 

Doa orang yang darah dan dagingnya berasal dari rezeki yang haram akan merintangi doa itu sampai kepada Allah. Oleh karenanya pastikan selalu mengonsumsi makanan halal dari sumber yang halal.

4. Penyebab lain tidak terkabulnya doa adalah terhalang oleh dosa dan maksiat. 

Seseorang yang rajin beribadah dan berdoa, namun juga gemar berbuat dosa dan maksiat, maka dosa dan maksiat itu berpotensi menjadi penghalang terkabulnya doa. Rasulullah SAW bersabda: "Doa seseorang akan dikabulkan selama dia tidak berbuat dosa dan memutus silaturahim." (HR. Ahmad).

5. Doa yang tidak terkabul juga bisa disebabkan oleh silaturahmi yang terputus. 

Orang yang memutus tali silaturahmi dengan keluarga atau kerabat maka akan menjadi penghalang terkabulnya doa. Banyak manfaat dari silaturahmi, selain memudahkan terkabulnya doa, silaturahmi juga memperpanjang umur dan melancarkan rezeki.


Salam,

Septiana


“Umroh bukan hanya sekadar perjalanan fisik, namun juga perjalanan spiritual yang memperkuat keimanan dan ketaqwaan pada Allah SWT. Dalam perjalanan ini, kita diuji kesabaran dan keteguhan hati dalam menghadapi tantangan hidup. Kita belajar untuk berusaha dan berdoa sebanyak-banyaknya untuk meraih rahmat dan berkah dari Allah SWT.”

Untuk Informasi dan Pendaftaran Umroh bisa menghubungi Admin kami di No 081213001140”

“BAHAGIA UMROH BERSAMA TAREEM"

Berita lainnya

blog-img

UMROH BACKPACKER

umroh backpacker - Wakil Ketua MPR-RI sekaligus Anggota DPR-RI Komisi VIII yang di antaranya membidangi urusan agama, Hidayat Nur Wahid, meng...

Selengkapnya
13 Juli 2024
blog-img

WAKTU TERBAIK UNTUK MELAKUKAN UMROH

waktu terbaik utk umroh - Umroh merupakan salah satu ibadah yang sering dilakukan oleh umat muslim di dunia. Sebab, ibadah umroh dapat dilaku...

Selengkapnya
11 Juli 2024
blog-img

KEISTIMEWAAN UMROH DI BULAN MUHARRAM

keistimewaan umroh di bulan muharram - Bulan Muharram, merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan bagi umat Islam. Di bulan ini, banyak p...

Selengkapnya
09 Juli 2024