ADAB SEPULANG HAJI

oleh Admin Pusat


Ditulis pada 22 Juni 2024



Adab Sepulang Haji - Agar ibadah haji menjadi sempurna dan mendapat predikat mabrur atau diterima Allah, jemaah haji dianjurkan melaksanakan adab-adab saat pulang ke negaranya masing-masing. Ada 8 adab sepulang Haji, berikut adab adab nya : 

1.Membaca zikir Tahlil 
Dasar anjuran zikir adalah hadis riwayat Imam Al-Bukhari dan Muslim. Dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Sahabat Anas : "(Kami) pulang dalam keadaan bertaubat, beribadah, bersujud kepada Tuhan kami, dan dalam keadaan memuji."

2.Mengabarkan pihak keluarga 
Adab berikutnya adalah mengabarkan kedatangan kepada pihak keluarga. Tujuannya supaya keluarga tidak kaget karena kedatangan yang terkesan mendadak sebab tidak mendapat info apa-apa. Tentu, di era teknologi yang sudah canggih seperti sekarang bisa mengabarkan melalui saluran telepon. Di Indonesia jadwal perpulangan jamaah juga bisa dipantau melalui situs resmi Kementerian Agama.

3. Berdoa Jika Sudah Hampir Tiba di Kampung Halaman
Ketika jemaah haji pulang sudah mendekati kampung halaman, dianjurkan agar membaca doa supaya dirinya dan keluarganya diberi kebaikan dan dijauhkan dari segala mara bahaya.

4. Tidak datang ke rumah saat malam hari 
Adab berikutnya adalah jamaah haji mengusahakan agar tidak tiba ke rumah pada waktu malam hari. Tapi jika secara kebetulan datang malam hari dan merepotkan kalau harus menunggu waktu pagi, maka langsung ke rumah tidak apa-apa. Ketentuan ini berlaku bagi jamaah yang sudah memiliki istri.

5. Salat di Masjid Sebelum Tiba di Rumah
Sebelum tiba di rumah, dianjurkan bagi jamaah haji untuk mencari masjid atau musala untuk melakukan sholat sunnah sebanyak dua rakaat. Kemudian, begitu baru sampai di rumah juga dianjurkan untuk sholat sunnah lagi dua rakaat. Setelah itu berdoa dan bersyukur kepada Allah.

6.Mendoakan Jamaah Haji 
Bagi orang-orang yang menyambut kedatangan jamaah haji, dianjurkan untuk mendoakannya agar diterima hajinya dan diberi ampunan oleh Allah.

7. Jamaah Haji mendoakan orang - orang yang menyambut 
Jamaah haji juga disunnahkan untuk mendoakan keluarga dan orang-orang yang menyambutnya agar diberi ampunan dosa. Berikut redaksinya sebagaimana disebutkan Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Azkar. :  تَوْبًا تَوْبًا، لِرَبِّنَا أَوْبًا، لَا يُغَادِرُ حُوْبًا 
Tauban, tauban, li rabbinâ awban, lâ yughâdiru hûban. Artinya: "Kami sungguh memohon pertobatan. Kepada Tuhan kami, kami kembali, tobat yang tidak menyisakan dosa."

8. Meningkatkan kualitas amal 
Adab yang terakhir ini merupakan yang paling penting, yaitu sepulangnya jamaah haji ke rumah dianjurkan untuk meningkatkan kualitas amalnya. Bagaimana sekiranya amal ibadah sesudah haji lebih baik dibanding sebelumnya. Jika ia berhasil melakukan hal ini maka akan menjadi pertanda bahwa hajinya diterima Allah. Peningkatan kualitas tersebut seyogianya dilakukan secara konsisten dan terus meningkat seiring berjalannya waktu. 

Salam, 

Septiana 

“Kenapa harus pilih Tareem sebagai Travel perjalanan Ibadah Umroh?"

"Karena Tareem Tour dan Travel sudah berpengalaman lebih dari 18 tahun dalam melayani para jamaah nya untuk melakukan Ibadah Umroh, dan pelayanan yang diberikan adalah pelayanan Prima, Berkelas, Berkualitas dan Terpercaya”

"BAHAGIA UMROH BERSAMA TAREEM"
Untuk informasi dan pendaftaran bisa menghubungi kami di no 081213001140

Berita lainnya

blog-img

UMROH BACKPACKER

umroh backpacker - Wakil Ketua MPR-RI sekaligus Anggota DPR-RI Komisi VIII yang di antaranya membidangi urusan agama, Hidayat Nur Wahid, meng...

Selengkapnya
13 Juli 2024
blog-img

WAKTU TERBAIK UNTUK MELAKUKAN UMROH

waktu terbaik utk umroh - Umroh merupakan salah satu ibadah yang sering dilakukan oleh umat muslim di dunia. Sebab, ibadah umroh dapat dilaku...

Selengkapnya
11 Juli 2024
blog-img

KEISTIMEWAAN UMROH DI BULAN MUHARRAM

keistimewaan umroh di bulan muharram - Bulan Muharram, merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan bagi umat Islam. Di bulan ini, banyak p...

Selengkapnya
09 Juli 2024