TIPS PERSIAPAN UMROH BAGI PARA CALON JAMAAH

oleh Admin Pusat


Ditulis pada 04 Juli 2024



Persiapan Umroh - Persiapan umroh merupakan hal yang wajib diperhatikan oleh calon jamaah umroh dalam pelaksanaan ibadah di tanah suci. Banyak hal yang mesti dipersiapkan, seperti kesiapan fisik, mental, hingga keuangan yang tentunya sudah diperhitungkan sejak awal. Dalam tulisan ini akan dibahas beberapa persiapan umroh yang harus diperhatikan oleh calon jamaah.

PERSIAPAN UMROH

Sesorang jemaah yang hendak melaksanakan umroh harus  mulai menata hati agar umroh berjalan lancar. Namun, ada juga beberapa persiapan umroh yang harus diperhatikan oleh jamaah, berikut penjelasannya : 1. Persiapan Dokumen Administrasi Persiapan umroh yang paling utama adalah dokumen administrasi, seperti kartu identitas, paspor, dan visa umroh. Untuk visa umroh biasanya dilakukan di kedutaan besar Arab Saudi melalui travel umroh yang bersangkutan. Namun ada juga beberapa dokumen lain yang penting dalam persiapan umroh yang harus perhatikan, contohnya :

- Ft Copy Identitas diri

- Ft Copy Akta lahir / ijazah / buku nikah

- Ft Copy Paspor ( bagi yang sudah memiliki )

1. Membawa perlengkapan pribadi 

Perlengkapan pribadi dalam persiapan umroh bisa meliputi perlengkapan selama ibadah, obat-obatan pribadi, peralatan mandi, suplemen, pelembab, dan perlengkapan keperluan jamaah lainnya. Meskipun persiapan yang lainnya akan dibantu oleh agen travel, namun perlengkapan pribadi harus disiapkan jamaah sendiri.

2 . Menjaga Kestabilan Kesehatan 

Rangkaian kegiatan umroh sangat memerlukan kekuatan fisik, seperti tawaf (mengelilingi ka'bah), dan sa'i atau berlari-lari kecil dari Shafa ke Marwah. Belum juga termasuk ibadah-ibadah tambahan yang dilakukan jamaah selama berada di tanah suci, dan kondisi tubuh harus menyesuaikan dengan keadaan cuaca di Mekkah yang tentunya berbeda dari Indonesia.

3. Mulai Mencari Tahu Aturan Arab Saudi

Arab Saudi sebagai negara yang memiliki Kota Suci Makkah tentunya memiliki beberapa peraturan yang memegang teguh nilai-nilai agama Islam. Oleh sebab itu, setiap jamaah umroh atau haji yang berada di kota Makkah wajib mematuhi peraturan Arab Saudi demi kelancaran menjalankan ibadah.

4.  Mengetahui Musim di Arab Saudi 

Salah satu yang perlu diketahui jamaah adalah Arab Saudi merupakan negara yang memiliki dua musim, yaitu musim panas dan musim dingin. Walau mirip dengan Indonesia, cuaca di Arab Saudi tetap tidak sama seperti cuaca di Indonesia. Itulah kenapa setiap jamaah harus mengetahui musim di Arab Saudi.

5.  Manasik 

Persiapan umroh yang tidak kalah penting adalah manasik dan tidak boleh dilewatkan. Ketika manasik, jamaah akan diajarkan mengenai hal penting seputar ibadah haji dan umroh, seperti syarat wajib, tata cara, rukun, hal yang dilarang, dan masih banyak lagi. 

6. Menentukan Agen Travel Umroh yang Terpercaya

Ini adalah bagian yang paling terpenting dari perjalanan Ibadah umroh yaitu menentukan dan memilih Biro perjalanan Ibadah Umroh yang terpercaya, amanah, dan memberikan kenyamanan bagi para calon jamaah nya selama melaksanakan Ibadah Umroh.

Pilihlah Biro perjalanan Ibadah Umroh yang sudah berpengalaman selama bertahun tahun dan sudah memiliki nama serta pelayanan yang diberikan adalah pelayanan yang berkualitas. 

”Pilihlah Tareem Tour & Travel sebagai Biro perjalanan Ibadah Umroh anda, karena Tareem Tour & Travel sudah lebih dari 18 tahun melayani para calon jamaah, dan pelayanan yang kami berikan adalah pelayanan yang berkualitas"

"Untuk informasi dan pendaftaran silahkan hubungi no wa kami di 081213001140

= Umroh, membuka jalan menuju surga yang penuh kenikmatan =

Berita lainnya

blog-img

UMROH BACKPACKER

umroh backpacker - Wakil Ketua MPR-RI sekaligus Anggota DPR-RI Komisi VIII yang di antaranya membidangi urusan agama, Hidayat Nur Wahid, meng...

Selengkapnya
13 Juli 2024
blog-img

WAKTU TERBAIK UNTUK MELAKUKAN UMROH

waktu terbaik utk umroh - Umroh merupakan salah satu ibadah yang sering dilakukan oleh umat muslim di dunia. Sebab, ibadah umroh dapat dilaku...

Selengkapnya
11 Juli 2024
blog-img

KEISTIMEWAAN UMROH DI BULAN MUHARRAM

keistimewaan umroh di bulan muharram - Bulan Muharram, merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan bagi umat Islam. Di bulan ini, banyak p...

Selengkapnya
09 Juli 2024